Fungsi Air Mata


Pernah menangis Sobat? Atau pernah mengeluarkan air mata ? Saya yakin setiap manusia memiliki pengalaman tersediri untuk urusan tangis menangis. Menangis bisa didorong beberapa faktor. Bisa karena sedih ditinggal pacar, bisa menangis ketika orang yang kita cintai meninggalkan kita baik karena meningal atau sedang pergi jauh, menangis bisa ketika sedih karena google adsense ndak naik-naik pendapatan ( he he he ) dan lain-lain. Ada lagi menangis yang lebih luar biasa. Menangis karena Allah, khusyu’ kepadaNya dan juga menangis karena ingat kepada dosa-dosa kita. Yang jelas faktor yang membuat orang menangis banyak dan semua manusia yang normal pasti akan mengalami menangis.

Aneh dan Ajaib ! Ternyata menangis itu memberikan manfaat dan fungsi yang luar biasa untuk kesehatan lahir dan batin. Air mata yang kita tumpahkan tidak akan sia-sia. Maka benar firman Allah di dalam Alqur’an “perbanyak menangis dan jangan banyak tertawa“. Bahkan menurut keterangan yang saya dengar dari guru-guru saya dulu ketika masih di sekolah lanjutan ( MTS ) banyak tertawa atau tertawa yang keterlaluan bisa membuat hati keras. Jadi berhentilah terlalu banyak tertawa. Menangislah sekarang karena menangis / mengeluarkan air mata banyak manfaatnya. Apa saja itu ? Berikut penjelasannya :

Pertama : Dapat Membantu penglihatan

Air mata yang keluar ternyata membantu penglihatan seseorang, jadi bukan hanya mata itu sendiri. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

Kedua : Dapat Membunuh bakteri

Jadi sebenarnya Tak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-bakteri yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.

Ketiga : Meningkatkan mood

Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

Keempat : Dapat Mengeluarkan racun

Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi penelitian tentang air mata dan menemukan bahwa ternyata air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional mengandung racun. Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata. Jadi bukan air matanya yang beracun.

Kelima : Air mata Mengurangi stres

Bagaimana menangis / mengeluarkan air mata bisa mengurangi stres ? Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.

Keenam : Membangun komunitas

Selain baik untuk kesehatan fisik, menangis juga bisa membantu seseorang membangun sebuah komunitas. Membangun sebuah hubungan yang erat antar sesama. Biasanya seseorang menangis setelah menceritakan masalahnya di depan teman-temannya atau seseorang yang bisa memberikan dukungan atau support, dan hal ini bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan juga bersosialisasi.

Ketujuh : Menangis dapat Melegakan perasaan

Saya yakin Semua orang akan merasa demikian. Meskipun Anda didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega. Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega. Keluarkanlah masalah di pikiranmu lewat menangis, jangan dipendam karena Anda bisa menangis meledak-ledak. Jadi setelah menangis perasaan kita akan plong. Apalagi menangis disertai dengan pelukan orang yang dicintai.

Jadi, menangislah karena menangis itu sendiri normal bagi setiap manusia. Bahkan jika tidak menangis atau tidak pernah menangis, jangan-jangan ia bukan manusia normal. Ya nggak? Menangislah sebelum menagis itu dilarang !

sumber: muktiblog.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar